Senin, 23 April 2018

Membaca itu Menyenangkan



 Assalamualaikum Warohmatulohi Wabarokatuh




Kembali lagi bersama saya Nani yang sejak lahir sudah manis, kalau ga percaya coba dah tanya sama mimih dirumah, pasti jawaban nya sama ๐Ÿ˜๐Ÿ˜‹. Kali ini saya mau cerita sedikit kegiatan saya hari minggu kemaren 22 April 2018, banyak juga ga masalah kan yah, kalian masih mau baca sampai habis kan - kaya makanan aja sampai habis - sampai selesai maksudnya. ๐Ÿ˜€
Ceritanya pada hari minggu kemaren saya ikut kegiatan- sebut saja begitu - mengisi waktu luang juga seneng aja itu bisa menambah wawasan, menambah teman baru, menambah ilmu yang pasti. Kegiatan itu bernama keREADta, yaitu gerakan ayo membaca di kereta commuterline. Mimpi dari gerakan ini untuk mengajak semua orang bisa nyaman membaca sekalipun di transportasi umum seperti di dalam kereta.
Awal saya tau ini berawal dari Twitter, waktu itu saya sedang iseng buka nah disitu saya liat salah satu akun memposting tentang pendataran tersebut, setelah saya baca semua ketentuannya, saya memutuskan untuk daftar, disini saya daftar sendiri,karena apa? Kadang saat saya ikut hal seperi ini ada beberapa teman yang kalau diajak banyak yang ga bisa- saya juga pernah seperti ini, tapi sekarang selagi masih bisa dan dengan waktu yang ga bentrok diusahakan selalu ikut, toh itu bermanfaatkan buat kita, walau kegiatan itu berlangsung seharian dari pagi sampai sore, tapi pasti seneng lah ya. ๐Ÿ˜€
Sebelum berangkat 

Pagi itu saya dan para relawan berkumpul di Stasiun Jakarta Kota pukul 07.30 untuk melakukan registrasi ulang dan mengambil baju, untuk yang belum dapat baju juga untuk menerima arahan selama acara berlangsung. Saat itu dipandu oleh MC yang sangat kece yaitu ka Sorta, pembukaan berlangsung asikkk seru, kita sama sama ketawa bareng. Sebelum berangkat kita ada beberapa sambutan dari panitia. Kita berangkat dari Stasiun Jakarta Kota pukul 10.00, sebelumnya kita telah di bagi-bagi pergerbong.
Sebelum masuk ke gerbong


Keseruan didalam kereta


Kita masih dikasih waktu untuk berfoto
ini menyenangkan
Gerakan ini ga cuma di dalam kereta saja, kita masih ada kelas Inspirasi yang telah disediakan untuk para relawan secara gratis. 
Kelas Inspirasi ini bertajuk *Merajut Sastra dan Literasi* bersama keREADta. Berkumpul dan berbagi ilmu yang ditemani pembicara keren dan juga berpengalaman. Diantaranya:
1. Kelas Literasi bersama Nirwan Ahmad Arsuka, Abinaya Ghina Jameela dan Yona Primadesi
2. Kelas Fiksi bersama Andry Setiawan dan Lia Indra Andriana
3. Kelas Blog bersama Afifah Mazaya
4. Kelas Jurnalistik bersama Eko Suprihatno
5. Kelas puisi bersama Al-Muhtadi.

Saat saya tau hal ini, seketika iya yah ternyata sekarang minat baca masyarakat sudah sangat menurun, sudah pada malas untuk membaca, kita lebih suka untuk main hp, main game online. Mengajak mereka membaca itu sangat sulit, ada saja alasan untuk membaca, mulai dari malas ngantuk. Nah salah satunya kegiatan ini, mengajak masyarakat untuk rajin membaca dimanapun tempatnya. Membaca itu sangat bermanfaat buat kita, kita jadi makin banyak tau tentang hal baru yang tidak bisa kita temukan selain membaca. 
Sedangkan saya kemaren ikut kelas Blog bersama Ka Afifah, ada banyak hal yang saya dapat dari kelas tersebut, dari cara kita menulis, dari bahasa yang kita gunakan saat menulis, dan bagaimana biar kita tidak bisa konsisten dalam menulis.
Membaca itu membosankan - kata itu sering kita dengar saat kita mengajak teman atau adek kita membaca, males ah bosen, ngantuk , masih banyak ungkapan dengan seribu alasan untuk tidak membaca. Agar nantinya kita rajin membaca, kita mulai dulu dari hal yang sederhana, dari hal yang sangat kecil seperti kita biasakan membaca satu hari sekali lah membaca, setia hari seperti itu terus, dan itu lama kelamaan akan menajdi sebuah kebiasaan yang nantinya akan lekat dengan kita, akan tersa aneh nantinya saat kita sehari saja tidak membaca.
Mulai sekarang yuk rajin membaca, ayo membaca, membaca itu menyenangkan.

Kelas Blog


Gerbong 7 
Sekian dulu tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat dan maaf bila ada salah kata-kata. Sampai ketemu lagi ditulisan ku yang akan datang.

Wassalamualaikum Warohmatulohi Wabarokatuh.
๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜๐Ÿ˜Ž

Tidak ada komentar:

Posting Komentar